WISATASEMARANG.ID – Grand Maerokoco Semarang merupakan kawasan yang memiliki banyak tempat wisata terkenal seperti Kota Tua Simpang Lima. Baru-baru ini ada wisata semarang terbaru yaitu Grand Maerokoco Semarang atau Puri Maerokoco.

Grand Maerokoco juga dianggap sebagai Taman Miniatur Jawa Tengah. Wisata Semarang ini menambah deretan salah satu objek wisata terpopuler di Jawa Tengah ini. Tempat wisata ini dulu bernama Puri Maerokoco. Tempat wisata ini memiliki sekitar 30 bangunan rumah adat yang berasal dari Kabupaten Jawa Tengah. Tempat ini juga menawarkan berbagai wahana permainan menarik yang keunikannya dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Lokasi Grand Maerokoco Semarang

Alamat Grand Maerokoco adalah Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Grand Maerokoco

Dari Kota Semarang menuju Jalan Raya Grand Maerokoco seperti Simpanglima atau Tugu Muda menuju Pusat Rekreasi dan Pengembangan atau gerbang kompleks PRPP. Setelah itu, menuju ke utara menuju Pantai Marina Semarang. Setelah itu Anda akan menemukan penunjuk arah menuju Grand Maerokoco. Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan lainnya. Jarak dari Kota Semarang ke tempat wisata sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Biaya masuk ke Grand Maerokoco

Wisatawan yang tiba di kawasan Grand Maerokoco Semarang membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Namun, harga tiket tidak termasuk beberapa wahana permainan dan kendaraan lainnya.

TIKET MASUK GRAND MAEROKOCO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 15.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Perahu Air Rp 5.000
Bebek Air Rp 15.000
Paket Terusan Rp 35.000

Lapangan Grand Maerokoco

Resort keluarga di Semarang ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memadai. Beberapa layanan publik dari operator tur adalah sebagai berikut:

  • Taman
  • Sebuah Kapel
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Kafe
  • Lokasi Foto Instagram
  • Sebuah Paviliun

Adapun layanan tambahannya :

  • Hutan Mangrove
  • Istana Anak Indonesia
  • Desa Wisata
  • Museum Sains Dan Teknologi
  • Keluar
  • Taman Anak-Anak
  • Atraksi Maerokoco Semarang Yang Luar Biasa
  • Sejarah Grand Maerokoco

Grand Maerokoco merupakan salah satu daya tarik kawasan PRPP Semarang. Gubernur Semarang Ismail membuka taman wisata ini pada tahun 1980-an. Taman wisata ini memiliki kurang lebih 35 paviliun yang mencerminkan 35 kabupaten administratif Jawa Tengah.

Selain pendopo, tempat wisata di Semarang ini juga memiliki beberapa miniatur peninggalan sejarah yang sangat populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendem, Masjid Raya Demak dan masih banyak lagi lainnya. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan untuk area keluar. Selain rumah adat, tempat wisata di Semarang ini juga memiliki beberapa bangunan bersejarah di Jawa Tengah seperti Candi Sewu, Masjid Raya, Benteng Pendhem dan Tugu Muda yang merupakan landmark kota Semarang.

Beberapa bangunan di atas juga berfungsi sebagai ruang publik. Misalnya, Anjungan Suci dan salinan Masjid Agung Demak yang digunakan sebagai tempat ibadah agama Islam atau Sholat Dengan demikian, wisatawan tidak hanya bisa melihat salinannya saja, tetapi juga bisa langsung menggunakannya. Bersantai di hutan bakau.

Tempat wisata ini selalu memiliki hal-hal menarik di setiap sudutnya. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan pengunjung adalah berjalan-jalan menyusuri hutan mangrove menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan oleh pemandu. Jejak ini terbuat dari papan kayu dan terletak di atas danau yang mengelilingi kawasan Grand Maerokoco.

Ada juga beberapa kafe dan warung di sekitar danau. Kafe ini secara unik terletak di jembatan yang melintasi danau. Kafe ini menawarkan berbagai macam makanan dan minuman yang cukup terjangkau. Selain itu, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati kesejukan hutan bakau yang rimbun.

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *