WISATASEMARANG.ID – Minimnya iklan dan kesadaran akan keberadaan kebun Cepoko tidak membuat tempat ini terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Meskipun tempat ini tidak semuanya tentang keteduhan, kadang-kadang menawarkan buah yang dapat Anda petik sendiri lalu ditimbang dan dibayar. Jambu Kristal Jamin buah lebih segar adalah buah pokok disini.

Kebun buah seluas 3,2 hektar di Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati seharusnya bisa dijadikan sebagai tujuan agrowisata, apalagi jalur tersebut merupakan jalur wisata. Dari Sam Poo Kong, Goa Kreo, Home Stay Gunungpati dan Waduk Jatibarang. Jadi kesempatan untuk mengarahkan pariwisata ke tempat ini sangat masuk akal.

Selain itu, tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun tentunya pemerintah kota dapat meningkatkan kampanye melalui Dinas Pertanian dengan mengarahkan wisatawan ke kebun-kebun milik Dinas Pertanian Kota Semarang bekerja sama dengan para petani Cepoko .Tempat terlihat lebih tertata dan berkembang setelah Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Desa Cepoko mendapat bantuan dari PT Pertamina (Persero) Jateng-DIY dari kawasan Program Kemitraan UKM-SR bekerjasama dengan Universitas Negeri Semarang.

Dari segi fasilitas penunjang, sepertinya hanya lahan parkir yang perlu perluasan, mengingat jika mulai banyak pengunjung yang datang, tidak akan ada lahan parkir untuk mobil. Sementara itu, fasilitas pendukung lainnya seperti mushola dan kamar mandi juga tersedia.

 

“Kedepannya, lahan parkir harus diperluas. Biasanya kalau sudah tahu tentang perkebunan jambu Kristal Cepoko pasti akan tahu. Tempat ini pasti akan menjadi salah satu tempat wisata pertanian, terutama mulai dari Gunungpat dan Rute Mijen sekarang masuk dalam jalur wisata Goa Kreo lurus ke selatan sampai SMP Negeri 22 Semarang atau 100 meter sebelum Ngrembel Mancing belok kanan sekitar 200 meter menuju Baik. jalan bertuliskan”Kantor Pertanian Kebun Bawang”.

Sedangkan setelah sekitar 1 km dari Kaligetas, ambil pertigaan menuju Gunungpati. Jika Anda datang dari arah Ungaran, ada pertigaan setelah mancing Ngrembi, belok kiri. Buah yang selalu tersedia segar adalah jambu kristal, buah ini selalu ada di tempat ini karena bukan buah musiman dan harganya Rp 15.000 per kilo. Selain jambu, tempat ini juga memiliki buah-buahan musiman seperti lengkeng, rambutan, dan durian. Bibit pohon buah-buahan seperti durian, anggur, kelengkeng, rambutan, melon, srikaya dan tentunya jambu kristal juga dijual untuk umum. Namun tempat ini juga menjual penggemar anggrek, agronem dan berbagai kaktus cantik. Ayo pergi ke kebun buah Cepoko.

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *