WISATASEMARANG.ID Perlu Kamu Ketahui Tentang Hari Tasyrik, Hari tasyrik adalah tiga hari setelah Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Menurut Imam Nawawi, hari ini disebut tasyrik karena pada masa lalu daging qurban dijemur di terik matahari untuk menjaga keawetan daging tersebut. Dalam hadits, disebutkan bahwa hari tasyrik adalah hari untuk memperbanyak dzikir, seperti takbir dan lainnya.

Seputar Hari Tasyrik di Masa Lampau

Tradisi menjemur daging qurban di terik matahari menjadi makna di balik nama hari tasyrik. Meskipun pada zaman sekarang kita telah memiliki pendingin dan freezer untuk menjaga keawetan daging, namun tradisi ini tetap dikenang sebagai bagian dari ritual Idul Adha.

Menurut madzhab Syafi’i, hari tasyrik disebut sebagai hari makan dan minum, sehingga tidak diperbolehkan berpuasa pada hari-hari tersebut. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menikmati daging qurban dengan berbagai macam menu spesial selama tiga hari tasyrik.

Semoga hari tasyrik ini menjadi hari penuh berkah bagi kita semua. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperbanyak dzikir dan mengingat kebesaran Allah. Selamat menikmati hidangan qurban dan semoga Allah memberkahi kita semua.

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *